Kamis, 07 Februari 2013

BEASISWA CINTA

by : NURINDAH

sore hari disaat matahari sudah mulai malu untuk menampakkan wujudnya dan seakan seperti ingin bersembunyi, terlihat seorang wanita terduduk merenung di teras rumahnya, sebut saja dia hesti. hesti adalah seorang wanita yang berparas cantik, memiliki kulit yang putih mulus dan perilaku yang sangat sopan.

dia tengah merenung karena udah gak tau gimana caranya buat ngelanjutin kuliah karna orang tuanya udah gak sanggup ngebiayain dia untuk kuliah, padahal dia sudah dinyatakan lulus ujian nasional dengan nilai yang tinggi. orang tua hesti hanyalah seorang supir, ibunya pun hanya mencuci pakaian para tetangga dengan upah yang bisa dikatakan tidak sebanding dengan apa yang telah ibunya kerjakan.

keesokan harinya, hesti malu untuk kesekolah, tetapi tanpa sepengetahuan hesti, guru dan salah satu temannya mendatangi rumah hesti. gurunya bertanya,"hesti,kenapa kamu tidak masuk sekolah nak?",hesti menjawab,"maafkan hesti bu,hesti...!!!
gurunya memegangi tangan hesti dan berkata,"kedatangan ibu kemari, ibu ingin memberitahukan bahwa kamu mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan kamu di universitas **********,itu adalah salah satu universitas ternama negeri dimakassar. hesti dengan hati senang membalas perkataan gurunya,"beneran bu?",yah hesti tentu saja...kamu memiliki bakat dan prestasi yang orang lain tidak miliki. dengan hati senang hesti memeluk gurunya dan berkata,"makasih banyak bu(sambil mengusap air matanya yang menetes).

selang beberapa bulan,hesti pun bisa merasakan kuliah tanpa membebani keluarganya. hesti dengan rasa syukur berdoa," ya allah,terimah kasih atas apa yang telah engkau berikan kepada hamba. seperti biasanya,jika ada mahasiswa baru pasti identik dengan OSPEK.

hari senin, hari ini begitu panas, sinar mentari bagaikan ingin membakar isi bumi. hari itu adalah hari dimana ospek diadakan. semua mahasiswa baru(maba) diperintahkan oleh koordinator lapangan(korlap) untuk berkumpul ditengah lapangan yang sangat panas. para maba diberikan pengarahan oleh korlap dibawah teriknya sinar matahari, terlihat hesti begitu lemas dan hampir pingsan. para panitia kesehatan pun segera mengangkatnya keruang kesehatan.

setelah hesti diberikan obat seadanya, akhirnya iya pun sadar dan merasa agak enakan. seorang kakak senior yang kebetulan playboy kampus, sebut saja dia ayi, dia sangat tertarik dengan cewe yang cantik dan putih. yah...ayi menyukai hesti.
ayi menanyakan keadaan hesti yang baru saja tersadar...

ayii : dek, gimana? udah agak baikan belom?
hesti : masih agak pusing sedikit kak tapi udah mendingan dikit.
ayii : emang kamu jarang panas-panasan yah?
hesti : enggak kok kak, tadi pagi aku enggak sempat sarapan(menujukkan muka sedih).
ayii : oh yaudah kamu tunggu disini bentar yah dek,kakak beliin makanan dulu(tersenyum)
hesti : oh enggak usah repot-repot kak, aku enggak apa-apa kok!
ayii : aku engga merasa repot kok, kamu tunggu disini yah.
hesti : (tersenyum).

beberapa menit kemudian ayii pun datang membawa makanan dengan sebotol minunan.

ayii : ini dek, dihabisin yah( tersenyum)
hesti : makasih kak.
ayii : kok enggak sempat sarapan sih?
hesti : aku tadi bangunnya lambat kak makanya gak sempat sarapan.
ayii : oh emang kamu tinggal dimana, asal kamu dari mana?
hesti : aku tinggal di jln.anggrek yang kost-kost an itu loh,asal aku dari pulau *******.
ayii : ohh kalau kakak tinggal dikompleks BTN ********, kamu tau enggak?
hesti : tau kok kak(tersenyum)!!
Ayii : kalau kamu lagi bete datang aja kerumah kakak, gak usah sungkan yah!
Hesti : (tergagap menjawab)...iii...iii...yaaa kak.
Ayii : btw, nope kamu berapa?
Hesti : 082343776***
Ayii : ohh oke dek, kamu istirahat aja yah!!kakak mau mengawasi maba lain yang sakit(tersenyum).

Keesokan harinya hesti dikerjain habis-habisan oleh para panitia. Hesti disuruh untuk nge-dance ala korea. Melihat cewe yang dia sukai dikerjai oleh para panitia, ayii pun angkat tangan dan membela hesti,"hentikan semua ini, kalian telah salah ngerjain orang masa orang sakit aja dikerjai(ekspresi marah dan sedikit malu)..udahlah hes, ayo ikut aku ke UKS aja..hesti menjawab,"ya kak,makasih yah".

Hesti ternyata diam-diam juga menyukai ayii. Setelah kegiatan ospek selesai, proses belajar-mengajarpun dimulai. Hesti dan sahabatnya mira terlihat sibuk belajar ditaman. Tiba-tiba ayii datang mengagetkan...

Ayii : heiiii...lagi ngapain hes?
Hesti : ini kak, aku lagi ngerjain tugas zoologi

Mira yang sudah mengerti dengan keadaan kemudian meninggalkan mereka berdua dengan alasan pura-pura kekantin...

Mira : hes, aku kekantin dulu yah, laper nih...!!
Hesti : oh yaudah deh...!!!
Ayii : aku bantu yah ngerjain tugasnya?
Hesti : oh enggak usah kak, gapapa kok!!
Ayii : hes, kedatangan kakak kemari, kakak mau ngomong sesuatu sama kamu!
Hesti : ihh kakak ngomong aja kali enggak usah pake minta izin segala.
Ayii : gini loh hes, sebenarnya...sebenarnya, hmmm kakak udah lama suka sama hesti...sejak pertama kita ketemu aku udah suka sama hesti...!!tapi kakak takut ngutarain perasaan kakak, siapa tau pacarnya hesti marah( pura-pura sedih).
Hesti : pacar hesti?..kakak lucu deh, pacaran aja aku enggak pernah.
Ayii : ahh masa iya sih cewe secantik kamu enggak pernah pacaran?gak mungkin hes...!!
Hesti : yeeehhh...beneran kok kak, selama ini aku cuma sibuk belajar, dan alhamdulillah bisa dapat beasiswa masuk di kampus ini..
Ayii : (memegang tangan hesti)..hes, kamu mau enggak jadi pacar kakak?
Hesti : (hati hesti begitu senang dan mukanya tampak bahagia tersenyum malu dan berkata)..hmm kakak bercanda yah, mana mungkin kakak suka aku...
Ayii : serius nih dek, tolong yah kamu jawab...kalau kamu gak bisa jawab secara langsung...kamu sms kakak aja...ok!!
Hesti : tapi kak...
Ayii : (memotong pembicaraan) udahh....aku tunggu yah jawabannya, kamu fikir-fikir aja dulu...!
Ayii pergi meninggalkan hesti, hesti tersenyum-senyum sendiri mengingat kata-kata ayii. Dan tiba- tiba mira datang mengagetkan.

Mira : heii, hayoo kenapa jadi senyum-senyum...
hesti :(tergagap menjawab, ah...enggak kok..!!!
mira : udah gak usak boong hes, muka kamu merah tuh, hayoo kenapa?
hesti : hmmm...ihhh kepo deh!!!
mira : apaan sih, kasih tau donk hes!!
hesti : iya...iya...bawel...!!!tadi kak ayii nembak aku...(dengan nada sedikit kesal).
mira : beneran hes, wah...kamu hebat yah bisa ditembak ama cowo paling tenar dikampus ini, terus kamu jawabnya apa?huh...jangan bilang deh kalau kamu nolak dia.
hesti : aku belom jawab sih, tapi dia nunggu jawaban dari aku,mir!
mira : terima aja hes, selama ini kan kamu belom pernah ngalamin yang namanya pacaran, pasti kamu bakalan ikut tenar deh kalau kamu pacaran ama dia.
hesti : huh kamu ini ada ada aja...!!
mira : ihh beneran kok!!!
hesti : yukk, kita masuk kelas...udah hampir masuk nih!!


setelah jam pulang, rupanya ayii udah nungguin hesti didepan kelas tempat hesti belajar tadi. hesti yang kaget melihat ayii langsung bertanya...

hesti : kak ayi!!! ngapain disini?
ayii : yah nungguin kamu lah, masa ningguin dosen kamu yang botak itu...hehehe
hesti : emang kakak ada perlu yah?
mira : hes, aku pulang duluan yah?
hesti : oh iyaa mir...!!"
ayii : iya dong aku ada perlu ama kamu...kan kamu belom jawab pertanyaan aku!!!
hesti : ntar aja yah kalau aku sampe dirumah, soalnya aku malu!
ayii : yaudah deh, aku anterin kamu pulang yah!!
hesti : gak usah kak, aku naik bis aja...
ayii : udah gakpapa, ayo ah!!
hesti : iya deh.

sesampai dirumah, ayii menerima pesan singkat dari hesti,"
hesti : kak ayii...aku juga suka kok ama kak ayii, aku mau jadi pacar kak ayii!!

hesti menunggu-nunggu balasan dari ayii, hesti merasa cemas karena smsnya gak ditanggepin. atau jangan-jangan kak ayii cuma bercanda lagi nembak aku. aduh, malu deh aku udah sms dia kayak gini!!
ayii tidak membalas sms hesti, karena dia sedang makan dengan pacarnya yang lain, sebut saja dia anggun!!anggun adalah cewe tajir, anak ketua yayasan dikampus mereka!!

keesokan harinya, hesti tampak malu untuk keliling kampus, yah...dia malu ketemu ama ayii, tiba-tiba dia dikagetkan oleh mira!!

mira : hei non, ngapain bengong pagi-pagi?
hesti : gini loh mir, kan ka ayii nyuruh aku sms dia buat ngejawab pertanyaannya, tapi kok dia malah gak ngebalas sms aku.
mira : yeh..itu mah hal biasa hes, positif thingking aja, kali aja dia gak ada pulsa, atau lagi sibuk ngerjain tugas kuliah..
hesti : hmmm iya juga sih!!!
mira : udah gak usah cemberut lagi, ntar cantiknya hilang lagi...
hesti : ihhh...bisa aja!!

setelah mata kuliah mereka selesai, lagi-lagi ayii udah nungguin hesti di depan kelas!!!hesti yang malu, langsung menghindar"!

ayii : hes, kamu mau kemana?(kejar ayii)
hesti : maaf kak aku buru-buru...
ayii : taudah sini kakak antar!!kamu kok aneh hes hari ini?
hesti : gak kok kak, gapapa!!
ayii : ohh kamu marah yah masalah sms kemarin kakak gak balas?
hesti : (tertunduk malu)
ayii : sorry hes, kemarin kakak lagu urusin adik kakak yang sakit.
hesti : (perasaannya mulai lega), gitu yah kak
ayii : jadi kamu mau gak jadi pacar kakak?
hesti : (mengangguk).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar