Sabtu, 09 Februari 2013

8 TIPS MENDIDIK ANAK DENGAN BENAR

By. Nur indah sari

Assalamu akaikum...

Hari ini gue mau share tips yang sedikit aneh menurut gue, nih tips seharusnya dibuat oleh orang yang sudah berumah tangga. Tips ini gue denger dari dosen gue yang berpengalaman dalam hal psikologi, makanya gue mau share tips ini, semoga bermanfaat gan...

1. Didik cara bahasa anak, maksudnya seorang ibu atau ayah jangan pernah mengajarkan anak kata-kata yang menurut orang dewasa kaku atau bagaimanalah..
Contohnya : anakku tayang mau minum cucu?", kata"tayang" dan "cucu" yang gue maksud kaku!!kenapa gue katakan gak boleh mengajarkan anak kata-kata seperti itu?karna itu akan menjadi bahasa kebiasaan anak yang bisa saja terbawa sampai dewasa.

2. Jangan biasakan memperdengarkan kata-kata kasar didepan anak, contohnya : kamu ini bodoh sekali..!!!karena anak bisa mencerna kata-kata tersebut dan sewaktu-waktu bisa dia ucapkan dihadapan anda!!

3. Jika anda merasa anak anda memiliki bakat dalam suatu bidang, kembangkan bakatnya dengan mendukung fasilitasnya. Contoh : sering anda liat anak anda coret sana-sini, nah sebagai orang tua, anda harus berfikir positif jangan pernah memaharahi anak dalam melakukan hal apapun. Karena hal yang dilakukannya bisa merangsang pertumbuhan kecerdasan otakknya, lengkapi fasilitasnya dengan memberikan alat tulis.

4. Tips keempat ini adalah tips yang wajib diajarkan kepada anak, walaupun anak belum memasuki masa pubertas. Maka ajarkanlah mereka berkelakuan sopan, ajarkan mereka untuk selalu menjalankan perintah agama. Tapi anda sebagai orang tua jangan hanya tau mengajarkan anak saja, anda juga harus melakukannya. Contoh : anda mengajarkan anak anda sholat, sementara anda cuma duduk santai-santai, kan gak fear tuh!!bisa-bisa anak anda protes*hehehe

5. Sebagai orangtua, anda harus memperhatikan apa yang dibutuhkan anak, apabila anak anda meminta sesuatu sebaiknya anda fikir dulu, apakah yang dia minta bermanfaat bagi dia atau tidak.

6. Jika anak anda belum bersekolah, anda orang tua adalah sebagai guru pertama bagi anak, jadi sejak dini ajarkan anak cara menulis dll.

7. Tapi jika anak anda sudah bersekolah, anda harus pintar mengatur jadwal belajar anak, supaya waktu bermain anak juga tidak terganggu. Contoh : anak anda bisa bermain pada sore hari, dan pada malam hari anak anda belajar. Selain itu anda harus selalu mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas dari guru.

8. Yang terakhir, jangan membuat anak merasa tertekan. Upayakanlah agar dia mau melakukan sesuatu tanpa merasa dipaksakan. Contoh : dia berangkat kesekolah bukan karena semangat dan kemauannya, tetapi karena dimarahi oleh orang tuanya.(ini yang gue maksud membuat anak merasa tertekan), jangan pernah memarahi anak, bujuklah dengan kata-kata yang lembut.

Demikianlah tips yang insya allah bisa membuat anak anda terdidik dengan benar. Semoga bermanfaat

:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar